Wecome to blog's TKJ-1

Assalamualaikum Wr.Wb
Blog ini di buat dengan tujuan sebagai forum komunikasi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, antara guru dengan siswa-siswi SMKN3 Buduran yang masuk di jurusan TKJ (angkatan V). Selamat membaca, sekian dari saya. Apabila ada kekurangan atau kata-kata yang kurang berkenan di hati anda, saya minta maaf dan harap di maklumi.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
JANGAN BOSEN YA....

Rabu, 16 Desember 2009

Membuat soal di power point

1. Tuliskan soal dengan fasilitas kotak teks
2. Tuliskan jawaban (A, B, C, dan D) masing-masing menggunakan kotak teks, misalkan jawaban A, B, dan C adalah jawaban yang salah dan jawaban D adalah jawaban yang benar.
3. Tuliskan teks "Jawaban salah" dengan menggunakan kotak teks (aturlah posisi di bawah pilihan jawaban A, B, C, dan D)
4. Berikan efek animasi kotak teks "Jawaban salah" dengan animasi masuk (entrance) dan pilih appear (buatlah efek animasi entrance-appear sebanyak 3, ingat bahwa soal pilihan ganda hanya ada satu jawaban yang benar)
5. Tulikan teks "Jawaban benar" dengan menggunakan kotak teks lalu berikan efek animasi entrance-appear (cukup satu saja)
Memberikan efek animasi sudah, sekarang lanjutkan dengan memberikan fungsi tombol (trigger), tentunya Anda sudah mengetahui jawaban-jawaban yang salah (A, B, dan C) dan benar adalah D. (saya misalkan saja)
6. Perhatikan pada kotak dialog efek animasi di situ terdapat 4 efek animasi entrance-appear
7. Pilihlah efek animasi teks "Jawaban salah" yang pertama lalu klik tanda panah samping lalu muncul pilihan, silahkan pilih "Timing"
8. Muncul kotak dialog, silahkan klik trigger dan klik lingkaran ke dua "Start effect on click of"
9. Silahkan cari kotak teks jawaban A. ... (A adalah jawaban yang salah) dan akhiri dengan klik Ok
10. Ulangi langkah 7-9 untuk membuat tombol trigger pada jawaban B dan C dengan efek animasi "Jawaban salah" sehingga muncul 3 pilihan tombol "Jawaban salah"
11. Tersisa 1 efek animasi entrance-appear dari teks "Jawaban benar", untuk membuatkan tombol trigger lakukan hal yang sama (langkah 7-9) dengan memilih tombol jawaban D. ... dan akhir klik Ok.
12. Selesai, silahkan uji coba dulu dengan menekan F5 dan silahkan klik jawaban-jawabannya dan perhatikan apakah teks "Jawaban salah" muncul jika diklik jawaban yang salah atau muncul teks "Jawaban benar" jika diklik jawaban yang benar.
Masalahnya, semua teguran jawaban muncul sehingga membingungkan mana jawaban yang benar atau salah, untuk menghilangkan teguran "Jawaban salah" jika sudah menemukan yang benar sehingga hanya teguran "Jawaban benar" yang tampil, sebaiknya ditambahkan efek animasi keluar (Exit-Disapper) dengan cara berikut ini:
1. Pilihlah kotak teks "Jawaban salah" lalu berikan efek animasi Exit-Disapper dan tempatkan efek animasi ini pada trigger "Jawaban benar" posisinya di atas efek animasi dari teks "Jawaban benar"
2. Tambahkan efek animasi dari kotak teks "Jawaban benar" dengan efek Exit-Disapper sebanyak 3 kali, lalu bagi-bagi efek animai ini pada tombol trigger Jawaban yang salah (A, B, dan C), posisinya di atas masing-masing efek animasi Entrance-Appear.
3. Tambahkan efek animasi Exit-Disapper dari teks "Jawaban salah" dan "Jawaban benar" dan posisinya jangan digeser
4. Ubahlah semua efek animasi star dengan With Previous
5. Selesai
Catatan:
· Efek animasi Entrance memberikan efek masuk sesuai fungsi trigger
· Efek animasi Exit keluar sesuai perintah
· Susunan efek animasi pada fungsi trigger berjalan sistematis
· Efek animasi exit (with previous) pada posisi teratas bertujuan tidak menampilkan teguran jawaban

0 komentar:

Posting Komentar